Search
  • Jalin Mimpi

Menggandeng Tangan Para Pelaku Bisnis Lokal






Dampak pandemi Covid-19 yang begitu masif tentu dirasakan semua orang. Berbagai pembatasan sosial diberlakukan guna mencegah penyebaran virus tersebut. Akibatnya, secara finansial, ribuan orang terkena pemutusan hubungan kerja. Banyak pula yang berada dalam ketidakpastian setelah tempat mereka bekerja terpaksa terhenti operasionalnya. Sementara itu, kalangan lain berkurang pendapatan secara drastis, terutama bagi mereka dengan upah kerja harian.


Kenyataan ini menggerakkan Jalin Mimpi untuk turut berbuat sesuatu melalui Jalin Kebaikan. Program ini menggalang donasi untuk disalurkan dalam bentuk kebutuhan pokok sehari-hari (sembako) serta uang tunai bagi komunitas yang membutuhkan di lingkungan sekitar. Wilayah distribusi bantuan tersebut kemudian dicatat dalam suatu Peta Tindak Positif, yang dapat pula diakses publik melalui situs Jalin Mimpi.


Ternyata, inisiatif berbuat kebaikan juga dimiliki para pemilik bisnis lokal. Kesadaran akan pentingnya aksi sosial tersebut mendorong mereka untuk mendukung program Jalin Kebaikan. Profit keuntungan yang diperoleh, turut didonasikan para kolaborator Jalin Mimpi sebagai ungkapan berbagi terhadap mereka yang mengalami kesulitan akibat pandemi. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak sekali orang-orang baik dan ingin berbagi kepada sesamanya.


Sejak dilaksanakan pertama kali pada awal Mei 2020, program Jalin Kebaikan telah banyak memperoleh dukungan dari teman-teman pengelola bisnis lokal. Lalu, siapa saja ya kolaborator yang telah turut membantu program Jalin Kebaikan sejak Mei hingga Juli ini? Berikut adalah daftarnya!


1. Ayam Rempah Wijen



Ayam Rempah Wijen (instagram: @ayamrempahwijen) merupakan usaha kuliner dari Ivan Gurhananda, yang memadukan cita rasa rempah berbalut minyak wijen dalam sebuah hidangan ayam nan istimewa. Berlokasi di Jakarta, kelezatannya diakui mampu menghangatkan suasana meja makan keluarga.


2. Tiltul's Kitchen



Tiltul’s Kitchen (instagram: @tiltuls.kitchen) berspesialisasi membuat hidangan penutup berupa Kue Banoffee dan Kue Baloffee dalam berbagai ukuran. Pai Banoffee adalah kue penutup Inggris yang terbuat dari pisang, krim, dan toffee, dipadukan dengan basis biskuit mentega atau yang dibuat dari remahan biskuit dan mentega.


3. Argyle & Oxford


Argyle & Oxford (instagram: @argyleandoxford) adalah merek pakaian yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Didirikan pada tahun 2010 oleh Velda Anabela dan Rebecca Billina. Desain Argyle & Oxford yang sangat unik didedikasikan untuk siapa saja yang membutuhkan tambahan kesegaran nan quirky dalam koleksi berpakaian mereka.


4. Mamaje Kitchen



Mamaje Kitchen (instagram: @mamajekitchen) menawarkan beberapa macam hidangan penutup seperti Brownies, Tiramisu dan Cookies dalam berbagai ukuran serta menyediakan hampers untuk perayaan Hari Raya.


5. Jalin Natural Goods



Jalin (instagram: @menjalin) adalah studio pakaian dan tekstil yang berbasis di Bandung, Indonesia. Jalin menjelajahi bahan alami dan pewarna alami sebagai materialnya, seraya berkreasi dalam upaya menumbuhkan industri slow fashion demi lingkungan yang lebih lestari.


6. Stain



Stain (instagram: @stain.studios) menghadirkan koleksi ready-to-wear ramah lingkungan yang menghubungkan desain dan konsep hidup keberlanjutan. Stain mengikuti pendekatan slow fashion, sambil mempertimbangkan proses pembuatan, sumber daya, dan pengrajin. Pelanggan Stain tidak hanya akan memiliki pakaian berkualitas baik, tetapi juga turut andil melestarikan lingkungan.


7. Sweet Escape Photography


Sweet Escape Photography (instagram: @sweet.escape) adalah sebuah online platform yang menawarkan jasa fotografer untuk mendokumentasikan berbagai momen penting dalam hidup, termasuk saat berwisata di berbagai belahan dunia.


8. Blusherie Beauty


Blusherie (instagram: @blusheriebeauty) adalah sebuah platform yang mempertemukan antara pemesan dan makeup artist maupun hairstylist. Berawal dari misi untuk membangkitkan kepercayaan diri perempuan, saat ini Blusherie memiliki lebih dari 100 partner MUA & hairstylist.


9. Metta Mini Gallery



Metta Mini Gallery (instagram: @mettaminigallery) adalah sebuah creative company yang menawarkan custom illustration dengan gaya imut dan lucu. MettaMiniGallery sangat percaya bahwa kumpulan momen bahagia dan hal-hal kecil adalah unsur penting dari kehidupan yang bahagia sehingga mereka ingin menangkap setiap bagian kecil kebahagiaan dengan warna dan cinta.


10. Kopi Sayang.Warga



Berangkat dari keinginan untuk saling mengenal antar warga sekitar serta menciptakan kopi rumahan dengan kualitas baik dan harga yang ekonomis, Sayang.Warga Coffee (instagram: @sayang.warga) terinspirasi untuk hadir ditengah warga. Kini, kopi susu bukan sekedar minuman biasa melainkan dapat dijadikan opsi untuk dijadikan bingkisan berkesan pula.


Itulah beberapa kolaborator yang sudah mendukung Jalin Kebaikan. Bagi pengelola bisnis lokal lainnya yang juga tertarik untuk berkolaborasi bersama dengan Jalin Mimpi, silahkan menghubungi kami via email hello@jalinmimpi.org ya!



(ditulis oleh: Allamanda & Echa)