Search
  • Jalin Mimpi

Jalin Kebaikan Bersama Jalin Mimpi


Semenjak Mei 2020 kemarin, Jalin Mimpi telah menggalakkan program #JalinKebaikan untuk membantu berbagai komunitas dan masyarakat yang terdampak COVID-19 dengan memberikan bantuan berupa bantuan sembako, masker dan uang tunai di berbagai daerah di Jakarta, Sumba dan Papua Barat.


Pada bulan Mei, kami berhasil menyalurkan 446 paket sembako kepada berbagai Komunitas pekerja upah harian, Komunitas Dhuafa & Tukang Becak Tangerang Selatan, Komunitas Tuna Netra Panti Pijat, Pesantren Depok yang dibantu oleh Herdreams, Komunitas Go Massage Rengas, Komunitas Lansia di Depok, Komunitas Travel Lombok yang dibantu oleh Travacello Care, SD Taman Pejuang dan Keluarga Dhuafa yang dibantu oleh Kharsa Bhakti Foundation.


Penyaluran kepada pekerja upah harian


Pada bulan Juni, kami berhasil menyalurkan 817 paket sembako. Catharina, salah satu Kontributor Jumat Kebaikan juga ikut berkontribusi memberikan bantuan kepada Panti Asuhan Tebet Remaja Masa Depan yang dibagikan oleh volunteer kami Catharina & Edwina. Komunitas Waria St Thomas juga mendapatkan saluran paket bantuan sembako dari Jalin Mimpi dan donasi ulang tahun dari Tita Hapsari dalam bentuk makanan dari GIOI Jakarta dan dibagikan oleh volunteer Jalin Mimpi Christa & Zamar.


Penyaluran kepada Komunitas Waria St Thomas


Di bulan yang sama, Jalin Mimpi juga ikut menyumbangkan paket sembako kepada organisasi Kisah Kasih yang membantu menyalurkan sembako kepada para Pedagang Kaki Lima di beberapa titik penyaluran di kota Jakarta. Donasi oleh Streetizens juga diberikan kepada Anak-anak Dhuafa di Pondok Pinang bersama tim Google Serve 2020 pada tanggal 27 Juni. Ada pula penyaluran bantuan kepada Pekerja Seni Tanpa Penghasilan Tetap (Komunitas penari Jakarta & Ikatan Drama Jakarta Pusat) melalui Yayasan Kelola dan kepada Pekerja Kaki Lima di Bekasi bersama tim Google Serve 2020.


Penyaluran oleh Kisah Kasih


Jalin Mimpi juga bekerja sama kembali dengan Travacello Care untuk membantu menyalurkan 145 paket donasi yang ditujukan untuk pekerja pariwisata tanpa penghasilan tetap, Guru Honorer, dan Penenun Kain Sumba yang pemasukan ekonominya terdampak dari berhentinya kegiatan pariwisata di Sumba.


Pekerja Wisata Harian di Sumba


Pada bulan Juli, kami berhasil membagikan 458 paket sembako. Bulan ini menjadi kebahagiaan tersendiri karena program kami akhirnya dapat menjangkau Papua Barat. Melalui rekan kami Pak Ruland Wanma di Sorong, kami menyalurkan paket bantuan ke SD Yapis dan SMP YPK Bethel di Pulau Doom dan kepada Guru Honorer di Sorong yang penggalangan dananya dibantu oleh BKR Brothers. Streetizens juga kembali menjadi donatur kami untuk menyalurkan lebih dari 200 paket bantuan ke Anak-Anak Dhuafa di Jakarta Utara.


SD Yapis Pulau Doom, Papua Barat


Kabar baik selanjutnya datang dari Bandung dimana kami dibantu oleh Yayasan SilihAsahSilihAsihSilihAsuh untuk membagikan paket bantuan kepada Lansia Dhuafa di Bandung. Kembali lagi ke Papua, kami menyalurkan paket bantuan dan Kotak Mimpi kepada SLB Negeri Timika melalui volunteer kami Ardisha. Dana penyaluran ini digalangkan oleh Sailormoney dan dibantu dengan donasi masker untuk tuli dari Wear Maskcare, masker dengan plastik transparan terbuka agar mempermudah berkomunikasi dengan tuli yang harus membaca bibir. Bantuan masker juga dibantu oleh Indonesia Kuat dan Masker Untuk Indonesia.


SLB Timika, Papua


Penyaluran terakhir di bulan Juli diberikan kepada Penata Rias Tanpa Penghasilan Tetap di Cipete dari hasil kolaborasi dengan Blusherie Beauty dan kepada Eks-Pekerja GoGlam di Pasar Rebo.


Penyaluran ke Penata Rias Tanpa Penghasilan

Tetap di Cipete dengan Blusherie Beauty


Terima kasih kepada seluruh partner dan kolaborator kami selama bulan Mei sampai Juli. Tertarik untuk donasi atau berkolaborasi dengan program Jalin Kebaikan kami? Hubungi Jalin Mimpi di hello@jalinmimpi.org atau via Instagram kami @jalin.mimpi.




(ditulis oleh: Echa)