Search
  • Jalin Mimpi

Saatnya Ulang Tahun, Saatnya Berbagi Bersama Jalin Mimpi

Updated: Jul 2, 2020


Ulang tahun adalah momen yang spesial. Begitu banyak alasan untuk merayakannya, berbagai cara pula dalam memperingatinya. Untuk Kelly Widodo dan Tita Hapsari, perayaan hari istimewa tersebut dimaknai sebagai saat berbagi dengan mereka yang membutuhkan.


Pada ulang tahun ke-22 bulan April 2020 lalu, Kelly Widodo (instagram: kellywidodo) menggalang donasi untuk membantu mereka yang membutuhkan dalam rangka menghadapi krisis finansial akibat pandemi Covid19 di Indonesia. Kelly, yang saat ini tengah menetap di London untuk melanjutkan studi, mengajak teman-teman dan keluarga menyumbangkan dana melalui sebuah situs crowdfunding sebagai kado ulang tahun bagi dirinya.


Kampanye Jalin Kebaikan yang digalang Kelly Widodo di gofund.me


Siapa sangka, ternyata aksi baiknya tersebut berhasil mengumpulkan donasi mencapai lebih dari 5000 Poundsterling (sekitar Rp 86 juta!). Kelly kemudian menyalurkan seluruh dana yang terkumpul tersebut melalui program Jalin Kebaikan yang tengah dilaksanakan oleh Yayasan Jalin Mimpi.


“Aku senang sekali.. Karena meskipun saat ini jauh dari Indonesia, aku tetap bisa berbuat sesuatu bagi orang-orang di kota dan negara asal aku”, begitu ungkapan perasaan Kelly di

media sosialnya atas hasil penggalangan dana tersebut. Kelly telah membuktikan bahwa jarak bukanlah penghalang untuk berbuat baik bagi sesama, apalagi di zaman serba online seperti sekarang.


Sementara itu, Tita Hapsari (instagram: titahapsari), mensyukuri satu tahun bertambah usianya dengan cara berdonasi lewat program Jalin Kebaikan. Tita, yang saat ini bekerja sebagai public relations sebuah perusahaan multinasional ternama, mempercayai Jalin Mimpi untuk menyalurkan sumbangannya.


Salah satu kegiatan penyaluran bantuan hasil penggalangan donasi dari Kelly


Sejumlah 50 paket sembako disumbangkan bagi komunitas Waria Salon Mama Yuli Terogong, Jakarta Selatan. Di tengah pandemi seperti sekarang, banyak lini pekerjaan yang kian sulit mendapat pelanggan akibat diterapkannya pembatasan sosial. Oleh karena itu, bantuan sembako yang disalurkan pada hari Minggu di bulan Juni 2020 melalui para relawan Jalin Mimpi: Zamar Rimba, Christa Sabathaly, dan Audi Rangga, dirasa amat penting untuk dapat menyambung hidup.


Berbagi bantuan ke Komunitas Waria Salon Mama Yuli


“Di awal PSBB, salon kami sama sekali tidak ada penghasilan. Belum lagi teman-teman yang hidupnya dari seni pertunjukan, sangat sulit untuk mencari uang! Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini dan semoga Tuhan memberkati teman-teman semua. Selamat ulang tahun juga ya untuk Kak Tita,” ujar Mama Yuli, pemilik salon Mama Yuli yang sudah berdiri selama 30 tahun tersebut.


Ungkapan terima kasih ke Tita Hapsari


Kelly dan Tita menjadi contoh nyata, betapa kebahagiaan berulang tahun akan berlipat ganda jika apabila dibagi dengan mereka yang membutuhkan. Terima kasih Kelly dan Tita!


Jalin Kebaikan, merupakan respon cepat dari Yayasan Jalin Mimpi terhadap kesulitan finansial yang dihadapi banyak orang akibat timbulnya pandemi Covid19. Program ini dilaksanakan dengan menggalang donasi yang disalurkan dalam bentuk kebutuhan pokok sehari-hari (sembako) serta uang tunai pada komunitas yang membutuhkan di lingkungan sekitar. Wilayah distribusi bantuan tersebut kemudian dicatat dalam suatu Peta Tindak Positif, yang dapat diakses publik melalui situs Jalin Mimpi ini.


Saat ini, Jalin Kebaikan masih terus memfasilitasi mereka yang ingin membantu dan mendukung sesama dalam keadaan membutuhkan. Silahkan menghubungi kami jika ada komunitas yang kamu tahu masih membutuhkan bantuan sembako, atau jika kamu juga ingin men-Jalin Kebaikan seperti Tita dan Kelly!


(ditulis oleh: Allamanda & Christa)